KOMPETENSI ABSOLUT PERADILAN AGAMA

Kompetensi berasal dari bahasa belanda competentie yang artinya kewenangan atau kekuasaan.Sedangkan kompetensi absolut (absolute competentie ) adalah kekuasaan yang berhubungan absolutdengan jenis perkara dan sengketa kekuasan pengadilan . Sebagaimana kita ketahui bersama, ada 4 (empat) lembaga peradilan yang berada di bawah Mahkamah Agung, yaitu Peradilan Umum, Peradilan Agama, Peradilan Tata Usaha Negara, serta Peradilan Militer. Dimana masing-masing dari lembaga peradilan tersebut memiliki wewenang absolut yang tidak bisa diganggu gugat oleh lembaga peradilan lainnya.

Berdasarkan UU Nomor 7 Tahun 1989 kemudian diubah dengan UU Nomor 3 Tahun 2006 kemudian diubah lagi dengan UU Nomor 50 Tahun 2009 tentang Peradilan Agama, ditegaskan bahwa kekuasaan pengadilan di lingkungan Peradilan Agama adalah memeriksa, memutus dan menyelesaikan perkara perdata khusus bagi agama Islam, yang sering kita kenal dengan Asas Personalitas Keislaman, yang mana dalam Pasal 2 disebutkan bahwa Peradilan Agama merupakan salah satu pelaksanaan kekuasaan kehakiman bagi rakyat pencari keadilan yang beragama Islam mengenai perkara-perkara perdata tertentu yang diatur dalam Pasal 49 ayat (1) UU No. 3 Tahun 2006, yang meliputi :

  1. Perkawinan
  2. Waris
  3. Hibah
  4. Wakaf
  5. Zakat
  6. Infaq
  7. Shadaqah
  8. Ekonomi syariah

Dalam perbedaannya , misalnya : Pengadilan Agama berkuasa atas perkara perkawinan bagi mereka yang beragama Islam sedangkan bagi yang selain Islam menjadi kekuasaan Peradilan Umum.Batas-batas kewenangan mengadili antar lingkungan Peradilan tersebutlah yang dimaksud dengan “kompetensi absolut”. Artinya apa yang telah ditegaskan menjadi porsi setiap lingkungan peradilan, secara “mutlak” menjadi kewenangannya untuk memeriksa dan memutus perkaranya. Lingkungan peradilan lain secara mutlak tidak berwenang untuk mengadilinya.

 

NPS Law Office
Office 8 Level 18-A Sudirman Central Business
District (SCBD) Jl. Jend. Sudirman Kav 52-53 Jakarta Selatan 12190
< !-My calendar widget - HTML code - mycalendar.org -->< !-end of code-->
< !-Local Time Clock widget - HTML code - localtimes.info -->< !-end of code-->
Flag Counter
PageRank Checker