Perkara Gugatan vs Perkara Permohonan

Terdapat 2 (dua) macam kewenangan Pengadilan Negeri dalam perkara perdata. Pertama, kewenangan untuk memeriksa dan memutus perkara perdata yang merupakan gugatan (yurisdictie contentiesa). Kedua, kewenangan untuk memeriksa dan memutus perkara perdata yang merupakan permohonan (yurisdictie volunteria).[1] Tugas Hakim adalah menyelesaikan sengketa dengan adil, yaitu mengadili pihak-pihak yang bersengketa itu dalam sidang pengadilan dan kemudian memberikan keputusannya, Tugas Hakim yang demikian ini termasuk Jurisdictio Contentiosa, yaitu kewenangan mengadili dalam arti yang sebenarnya untuk memberikan suatu keputusan keadilan dalam suatu sengketa.[2] Berbeda dengan perkara yang tidak ada perselisihan, tidak ada yang disengketakan, dalam artian yang bersangkutan tidak meminta pengadilan atau keputusan dari Hakim, melainkan ketetapan dari Hakim tentang status dari sesuatu hal, sehingga mendapatkan kepastian hukum yang harus dihormati dan diakui oleh semua orang. Tugas Hakim yang demikian ini termasuk Jurisdictio Voluntaria, yaitu suatu kewenangan memeriksa perkara yang tidak bersifat mengadili, melainkan bersifat administratif saja.[3]

Dapat dijelaskan secara singkat bahwa perbedaan antara perkara Gugatan dan perkara Permohonan yaitu:

  1. Perkara Gugatan, terdapat sengketa diantara para Pihak, dan atas perkara demikian Hakim menjatuhkan Putusan, dan atas Putusan tersebut dalam hal salah satu pihak tidak dapat menerima, maka ada upaya hukum berupa banding, kasasi, dan peninjauan kembali.
  2. Perkara Permohonan, tidak terdapat sengketa, dan atas perkara demikian Hakim memberikan Penetapan, dan atas Penetapan hanya dapat dilakukan upaya hukum Kasasi.

 

[1] Guntur Purwanto Joko Lelono, Peranan Pengadilan Negeri Dalam Mengatasi Kemacetan Penyelenggaraan RUPS, (Yogyakarta: Guntur, 2004), hal.49.

[2] Abdulkadir Muhammad, Hukum Acara Perdata Indonesia, (Bandung: Citra Aditya Bakti, 1992), hal.49.

[3] Ibid, hal.19.

NPS Law Office
Office 8 Level 18-A Sudirman Central Business
District (SCBD) Jl. Jend. Sudirman Kav 52-53 Jakarta Selatan 12190
< !-My calendar widget - HTML code - mycalendar.org -->< !-end of code-->
< !-Local Time Clock widget - HTML code - localtimes.info -->< !-end of code-->
Flag Counter
PageRank Checker